Per Tahun, Harga Rumah di Karawang Timur Naik 20%

Jakarta Prospek properti di Indonesia faktanya masih terbuka lebar, kendati kondisi perekonomian belum terlampau stabil. Termasuk di Karawang, yang pada beberapa tahun ke depan diyakini akan menjadi tren kawasan hunian.

Kilas balik tahun 2013 silam, Karawang memang masih menjadi kawasan primadona untuk membangun hunian bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Akan tetapi, pelan-pelan masyarakat lokal mengalami perubahan dalam taraf hidup mereka. Bila dulunya dikenal sebagai MBR, kini status itu sudah berganti. Tak pelak, saat ini hunian non-subsidi dengan harga kisaran Rp300 juta hingga Rp500 juta laris diburu masyarakat sekitar.

“Contohnya di dua klaster yang dihadirkan di Kartika Residence sejak 2016 lalu, dimana progres penjualan per hari ini sudah mencapai 95%. Unit yang ditawarkan mulai dari tipe 30/72, 38/72, 45/90, dan tipe dua lantai 60/72,” ujar Vivi Hadijaya, Chief Marketing Officer Citra Swarna Group.

 

Mampu Naik 20%

Di samping bagusnya penjualan, Vivi mengakui bahwa tren kenaikan harga rumah tapak juga tercatat bagus. “Rumah tipe 30/72 saat launching akhir 2015 kami pasarkan Rp268 juta, sekarang sudah naik menjadi Rp380 juta. Artinya, ada 20% perubahan harga tiap tahunnya.”

Kenaikan harga rumah di Karawang, disinyalir lantaran permintaan yang terus meningkat serta situasi kawasan yang membaik. Apalagi proyek infrastruktur Elevated Toll alias jalan Tol Jakarta -Cikampek II yang tengah dikerjakan pemerintah memiliki titik akhir di Karawang Timur.

Baca: Becakayu Bawa Berkah Penjualan Apartemen di Bekasi

Proyek yang ditargetkan selesai pada tahun depan, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas jalan dan mengurangi kemacetan lalu lintas antara Bekasi-Jakarta dan sebaliknya.

Jalan tol Jakarta-Cikampek II memiliki rute sepanjang 36 kilometer, dibangun dengan investasi sebesar Rp16 Triliun oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Ranggi Sugiron Perkasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *